5 Macam-Macam Olahraga Tangan Beserta Pengertian dan Manfaatnya

5 Macam-Macam Olahraga Tangan Beserta Pengertian dan Manfaatnya

Macam-Macam Olahraga Tangan Beserta Pengertian dan Manfaatnya - apa jenis olahraga yang harus anda pilih agar lengan anda kuat dan berotot. Lengan merupakan bagian dari tangan yang sangat dibutuhkan tetap terjaga kuat dan indah bentuknya. Jika lengan tidak dijaga bentuknya, maka akan sangat mudah terjadi penumpukan lemak. Biasanya wanita adalah kelompok yang paling menyukai olahraga untuk lengan ini. Bagi para pria, olahraga untuk lengan pun banyak dimanfaatkan untuk sekaligus membentuk otot perutnya.

Oleh sebab itu, semakin banyak pertanyaan dan semakin besar keingintahuan banyak orang untuk mengetahui apa saja cara berolahraga atau macam latihan untuk dapat memiliki lengan yang kuat.

Ternyata ada banyak cara untuk dapat membentuk otot lengan ini. Misalnya bisa dilakukan secara rutin walau perlahan-lahan, tapi pasti aka nada perubahan otot lengan yang ditunjukkan. Anda akan memiliki volume yang bertambah pada setiap sisi lengan.

Belum lagi ayunan tangan yang semakin kuat yang kemudian dapat anda gunakan untuk melindungi orang saat ada orang jahat.  Selain itu, memiliki latihan untuk kekuatan otot lengan dapat anda manfaatkan untuk banyak hal lainnya. Misalnya, anda menjadi lebih proporsional dalam bentuk tubuh. Tidak ada lagi penumpukan lemak di tangan dan bagian tubuh lainnya.
5 Macam-Macam Olahraga Tangan Beserta Pengertian dan Manfaatnya
Push up - Macam Olahraga Tangan
Oleh sebab itu, berikut ini sekumpulan informasi dari berbagai sumber mengenai macam macam latihan untuk kekuatan otot lengan anda. Gunakan seluruh informasi ini agar tubuh anda dapat kembali sehat dan anda pun memiliki lengan yang kuat untuk dapat beraktivitas bahkan membela diri dari ancaman bahaya.

1. Berolahraga dengan Gerakan Push Up

Keempat, tentunya anda juga sudah tidak asing lagi bahwa otot lengan juga dapat terbentuk setelah melakukan latihan seperti push-up. Gerakan ini akan mempermudah proses otot lengan akan bertambah secara baik. Sehingga anda harus melakukannya dengan rutin namun tetap secara hati-hati juga.

Pasalnya, jika tidak hati hati anda dapat menghadapi terjadinya bahaya seperti terpelintirnya lengan tangan anda. Oleh sebab itu, anda harus mempersiapkannya secara matang dan baik. Gerakan pertama yang dapat anda lakukan dimulai dengan memposisikan kedua tangan dan tubuh anda ke lantai. Selanjutnya, turunkan tubuh anda hingga dada menyentuh lantai.

Lakukan gerakan naik-turun badan secara maksimal sehingga lama-kelamaan akan memberikan reaksi pada otot lengan secara terbentuk.

2. Berolahraga dengan Gerakan Rotation Push Up

Kelima, pada kali ini seseorang akan lebih mudah melakukan pembentukan otot lengan dengan melakukan gerakan rotation push-up. Gerakan ini sangat berbahaya karena gerakan ini seperti push-up akan tetapi hanya dilakukan dengan menggunakan satu tangan secara bergantian. Sehingga untuk dapat melakukannya, dibutuhkan keseimbangan yang baik pada gerakan ini.

Jika anda sudah mahir, maka anda akan merasakan gerakan ini memberikan otot lengan pembentukan dan penguatan secara baik. Gerakan ini juga termasuk dalam jenis olahraga untuk meningkatkan konsentrasi lebih baik.

Langkah untuk dapat melakukannya adalah dengan pertama tama memposisikan badan seperti gerakan push-up lalu gunakan salah satu tangan untuk menaikan gerakan tubuh anda keatas kemudian lakukan pergantian tangan sebelahnya lagi hingga dilakukan secara berulang-ulang.
Baca Juga: 10 Macam-Macam Cabang Olahraga di Indonesia (Nasional)

3. Berolahraga dengan Gerakan Pull Up

Keenam, jika seseorang mengalami kondisi memburuk pada otot lengan maka sebaiknya anda bisa melakukan gerakan otot seperti gerakan pull-up. Gerakan ini bisa dilakukan dengan bergelantungan ke tiang besi atau palang pintu.

Sehingga seseorang Dapat menaikkan tubuhnya sambil bergelantungan. Bagaimana latihan ini dapat dilakukan? Pertama, anda dapat memposisikan tubuh anda berdiri ditiang besi lalu letakan kedua tangan anda diatas tiang bar kemudian lakukan pemegangan pada tiang besi secara rapat. Setelah itu, lakukan pengangkatan tubuh anda ke atas hingga menyentuh tiang besi kemudian turunkan kembali tubuh anda ke posisi semula. Terus lakukanlah secara berulang-ulang.

4. Berolahraga dengan Dumbbell

Pertama, hingga saat ini kebanyakan orang dapat membentuk otot lengan dengan menggunakan manfaat dari dumbell. Hal ini dikarenakan gerakan dengan dumbbell dapat memperkuat pembentukan otot secara sederhana.

Anda akan mengangkat dan menurunkan dumbbell berulang, hingga adanya pencapaian pembentukan otot secara maksimal. Manfaat yang pasti anda rasakan tentunya adalah memberikan hasil pembentukan fisik menjadi segar setelah melakukan gerakan pengangkatan dumbell ke atas dan ke bawah ini.

Oleh sebab itu, maka cobalah lakukan dengan pertama tama memposisikan seluruh tubuh anda ke posisi berdiri secara tegak lurus. Mulailah dengan meletakan kedua tangan anda ke pemegang alat dumbell dan tekuk tangan kanan dan kiri anda keatas secara tidak berubah.

Kemudian mulailah angkat dumbbell pada sudut 90 derajat beberapa kali hingga terjadi pembentukan otot lengan. Anda sekaligus juga dapat melakukan latihan ini sebagai jenis olahraga untuk melatih pernafasan anda.
Baca Juga: 71 Macam Nama Induk Organisasi Olahraga Nasional - Internasional

5. Berolahraga dengan Cara Arm Circle

Kedua, bagi anda yang ingin mencoba latihan otot lengan dan membentuknya menjadi lebih indah bisa dengan melakukan olahraga bernama gerakan Arm Circle. Pada gerakan ini anda akan melakuakn beberapa gerakan yang sangatlah sederhana.

Biasanya akan mulai dilakukan dengan menyiapkan sejumlah dumbell, sebagai alat pendukung gerakan arm circle yang akan dicoba. Pertama tama latihan ini dapat dimulai dengan memposisikan badan anda dengan tegak dan kedua kaki dibuka selebar bahu.

Selanjutnya, angkatlah kedua dumbell di kedua tangan anda dan kemudian rentangkan kedua tangan lurus ke samping tubuh. Setelah itu, putarlah kedua lengan tangan secara perlahan sampai membentuk huruf O.

Ulangi beberapa kali, maka kemudian anda akan merasakan reaksi pada otot lengan anda yang tidak biasa karena sedang terjadi pembentukan otot.

6. Berolahraga dengan Bertumpu pada Kursi

Ketiga, otot lengan juga dapat lebih kuat dengan melakukan gerakan yang bertumpu pada kursi. Bantuan kursi ini akan membuat latihan menjadi lebih efektif dalam upaya meningkatkan pertumbuhan otot lengan secara perlahan-lahan. Pada akhirnya, anda pun memiliki otot lengan yang tumbuh dengan baik dan kuat juga secara fisik.

Karena alatnya mudah, maka olahraga ini termasuk dalam jenis olahraga yang mudah dan murah dilakukan di rumah. Anda dapat mulai melakukan latihan dengan cara pertama yaitu menyediakan kursi. Setelah siap, anda dapat langsung memposisikan tubuh anda ke kursi tersebut dalam posisi duduk.

Selanjutnya, letakanlah kedua tangan anda di samping paha dan letakkan kaki dilantai. Anda kemudian bisa mulai melakukan gerakan menurunkan badan anda ke lantai secara perlahan-lahan. Lakukan hingga adanya pembentukan siku sekitar 90 derajat (posisi badan hampir jongkok akan tetapi bokong tidak sampai menyentuh lantai).

Lalu tahanlah posisi ini dalam waktu beberapa saat sebelum kemudian anda mulai menaikan kembali tubuh anda. Lakukan kembali gerakan ini pada kursi sebanyak mungkin dan secara berulang-ulang, sehingga akan memberikan reaksi pada otot lengan secara lebih baik.

7. Berolahraga dengan Gerakan Chin Up

Latihan terakhir, anda bisa melakukannya melalui gerakan ini yaitu dengan melakukan gerakan chip-up. Gerakan ini hampir sama dengan gerakan pull-up. Gerakan ini akan mempengaruhi otot lengan anda secara menarik.

Namun penting untuk diperhatikan, ada baiknya jika latihan ini dilakukan secara baik dan berhati hati. Pertama anda bisa berdiri tepat di depan tiang besi pegangan tinggi, kemudian letakan kedua tangan anda diatas tiang bar hingga posisi sangat terbuka lebar bagi bagian bahu.

Lalu angkatlah tubuh keatas hingga sampai dagu berada diatas tiang bar kemudian turunkan tubuh keposisi semula. Terus lakukan gerakan ini berulang-ulang sampai batas maksimal kelelahan anda. Anda dapat melakukan gerakan ini juga sebagai latihan ketangkasan, karena termasuk dalam macam macam senam ketangkasan untuk anda coba.

Manfaat Melakukan Latihan untuk Kekuatan Otot LenganSetelah mengetahui berbagai macam latihan yang dapat anda coba untuk memiliki otot lengan yang lebih kuat, kemudian banyak lagi manfaat ternyata yang dapat anda rasakan dengan melakukan gerakan latihan tersebut. Tahukah anda apa lagi diantaranya?

5 Manfaat Melakukan Olahraga Tangan:


  • Bisa melancarkan sistem peredaran darah
  • Bisa membantu perkembangan bentuk fisik pernapasan
  • Bisa memberikan kekuatan dalam otot lengan
  • Bisa memberikan reaksi membentuk otot lengan menjadi tampak menarik
  • Bisa membuat pembentukan otot dada

Demikianlah informasi mengenai 5 Macam-Macam Olahraga Tangan Beserta Pengertian dan Manfaatnya yang dapat anda coba. Segeralah miliki otot lengan yang kuat dan bentuknya menarik, dengan berbagai cara di atas. Semoga anda dapat segera memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Bahkan pun sekaligus bisa melindungi diri anda dari berbagai bahaya dan resiko kejahatan yang mungkin anda temukan di sekitar Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "5 Macam-Macam Olahraga Tangan Beserta Pengertian dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel