Gangguan pendengaran bisa dialami oleh siapa saja. Bukan hanya orang tua yang mengalami gangguan pendengaran dan membutuhkan alat bantu pendengaran. Proses mendengar yang terganggu pun saat ini sudah mulai banyak dialami oleh anak muda, yang membuat kebutuhan untuk hearing aid meningkat. Sebelum mulai mencari hearing aid yang tepat, ada beberapa langkah awal yang penting dilakukan.
Proses mendengar yang terganggu memang bisa menimbulkan banyak masalah pada aktifitas sehari-hari sampai ketidak nyaman. Bila ini terjadi, tentunya paling tepat melakukan pemeriksaan pada dokter. Lalu setelah itu, apa yang harus dilakukan bila hendak menggunakan alat bantu pendengaran? Berikut ini 4 langkah sebelum menggunakan hearing aid.

1. Berkonsultasi dengan audiologis

Setelah memeriksakan gangguan pendengaran, dan dipastikan adanya masalah pada proses mendengar. Berikutnya melakukan konsultasi dengan audiologis. Nantinya audiologis akan memberikan beberapa rekomendasi untuk langkah yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan alat bantu pendengaran. Setelah itu pun audiologis akan memberikan beberapa rekomendasi hearing aid paling tepat untuk keadaan dan masalah pada pendengaran.

2. Pilih jenis yang tepat

Walau pun sudah mendapatkan rekomendasi dari audiologis, ada beberapa jenis hearing aid berbeda yang bisa digunakan. Masing-masing nantinya digunakan berdasarkan dari keadaan pendengaran sampai aktifitas dari pengguna. Misalnya bila beraktifitas sibuk dan masalah pendengaran tak terlalu parah, maka akan disarankan menggunakan hearing aid tipe in the canal (ITC). 

3. Pilih hearing aid dengan garansi

Jangan sembarangan membeli hearing aid. Sama seperti produk lain, ada banyak sekali hearing aid palsu yang beredar di pasaran. Salah satu cara untuk memastikan kualitas hearing aid yang dibeli ialah dengan memastikan adanya garansi. Garansi akan memudahkan bila nantinya terdapat masalah teknis pada hearing aid yang digunakan.

4. Hearing aid yang bisa ditingkatkan fungsinya

Beberapa masalah pendengaran akan bertambah parah seiring waktu. Sehingga pastikan hearing aid yang dibeli nantinya bisa ditingkatkan fungsinya. Misalnya hearing aid dapat digunakan sampai skala keadaan pendengaran dari sedang ke parah.
Previous Post
Next Post

0 comments: