KholidFarhan - Memakan makanan pokok sudah menjadi kewajiban kita sebagai mahluk hidup untuk dapat bertahan hidup dan mendapatkan energi. Makanan yang kita makan bukan hanya berpengaruh pada nilai gizi dan berat badan, namun juga berpengaruh pada tingkat keasaman di dalam tubuh. Seperti teori kimia yang pernah kita pelajari di sekolah dulu, asam dan basa rupanya juga dimiliki oleh bahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.
Bukan berarti makanan yang terasa asam di lidah bersifat asam. Sama sekali bukan dikategorikan dari rasanya, terlalu banyak memakan makanan yang bersifat asam dapat memberikan pengaruh buruk bagi tubuh dan kesehatan.

Bahkan membuat anda berisiko terkena penyakit. Selain dari rasa, sifat asam dan basa pada makanan ini juga tidak dipengaruhi oleh warna maupun bentuknya. Sifat asam dan basa masing-masing bisa dideteksi dari kandungan berbagai bahan pembentuk makanan tersebut.

Makanan yang bersifat asam biasanya terdapat pada makanan pokok yang menjadi makanan pembentuk asam dalam tubuh karena mengandung karbohidrat atau hidrat arang. Misalnya seperti nasi, kentang, jagung, ubi, mie, daging kambing, daging unggas, ikan, dan susu.

Makanan yang bersifat asam kemungkinan memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menaikkan kadar keasaman di dalam tubuh.Beberapa dampak yang dihasilkan dari terlalu sering mengonsumsi makanan asam seperti gangguan pada saluran pencernaan misalnya peningkatan asam lambung biasanya akan memberikan keluhan rasa sakit di uluhati, mual, muntah, dan sendawa.

Selain itu makanan asam juga dapat menyebabkan gangguan sakit kepala dan aliran darah.
Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan pokok tersebut.

Makan makanan pokok tetaplah menjadi keharusan untuk mencukupi kebutuhan gizi Anda. Tetapi tetaplah makan secukupnya dan jangan berlebihan agar tercegah dari penyakit di atas. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar keasaman di dalam tubuh ialah mengonsumsi air alkali.
Air alkali terbaik mengandung kadar pH yang lebih tinggi dari air mineral biasa. Air minum pH tinggi terbukti sangat ampuh untuk menetralisir kadar asam di dalam tubuh. Jadi, minumlah air alkali sehabis anda makan agar tubuh tetap sehat dan ideal.
Latest
Next Post

0 comments: