Kholid Farhan - Salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia adalah Instagram. Sebuah aplikasi sosial media yang juga termasuk media paling berpengaruh bagi setiap kalangan. Yang saya ketahui saat ini adalah Instagram sudah bekerja sama dengan perusahaan Facebook.

Bagaimana kita tahu Instagram dan Facebook sudah bekerja sama? Kamu bisa cek sendiri dengan fitur pada aplikasi Instagram yang membagikan cerita atau insta story ke facebook story milikmu.

Kemudian juga jika kamu membuat sebuah akun bisnis, baik di Instagram ataupun Facebook menggunakan media promosi yang saling terhubung.

3 Pengaruh Penting Instagram Terhadap Pelaku E-Commerce

Bagaimana Instagram Bisa Terhubung dengan Facebook?

Jadi, ketika akun bisnis Facebook-mu melakukan promosi, maka akun atau postingan di instagram kamu juga melakukan promosi yang sama dengan akun binsis facebook kamu.

Dengan syarat, akun facebook kamu sudah terhubung dengan akun instagram milikmu, ataupun sebaliknya.


Instagram juga tidak hanya digunakan untuk media membagikan kegiatan kita sehari-hari. Saat ini Instagram sendiri sudah seperti E-shop bagi penjual dan pembeli.
Baca: Dapatkan Uang dengan Program Afiliasi Terpercaya Indonesia
Dengan kata lain, E-commerce sudah merabah ke dunia media sosial, ataupun segementasi Instagram lah yang memiliki potensi bagus apabila pelaku E-commerce memanfaat Instagram sebagai media promosi yang akan sangat menguntungkan. Bagaimana tidak? Pengguna Instagram saat ini sudah mencapai 80,088,536 pengguna. Dengan banyaknya pengguna Instagram saat ini, membuat para E-commerce bertindak menjajakan dagangannya di akun instagram mereka masing-masing dengan nama toko online mereka masing-masing pula.
Pengguna Instagram

Apa Saja Pengaruh Instagram Terhadap Pelaku E-Commerce?

1. Trend
Pengaruh pertama adalah Trend. Dengan jumlah 80jutaan pengguna Instagram membuuat para pelaku E-commerce melirik sebuah peluang usaha. Pengaruh trend bisa oleh siapa saja, tidak hanya di Instagram saja, bisa di media sosial lainnya.
Baca: 7 Bisnis Untuk Mahasiswa | Bisnis Tanpa Modal Besar
Saat ini, Instagram sedang menjadi Trending para pengguna smartphone yang menggunakannya untuk media hiburan, bisnis, dan telekomunikasi.

2. Desain
Mungkin, dari sebagian E-commerce masih kurang sadar akan pentingnya desain yang ada di Instagram untuk menonjolkan kerapihan setiap postingan para pengguna. Desain pada Instagram meliputi bagian feed halaman akun Instagram, yang memiliki tata letak grid.
Baca: 7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal
Hal ini tentu berpengaruh bagi para pengguna Instagram untuk memudahkan melihat banyak postingan sekaligus sesuai ukuran layar ponsel para pengguna. Kalau dilihat-lihat, desain dari Instagram (grid) ini sudah mirip dengan feed yang ada di toko online seperti Toko Pedia.

3. Media Promosi
Faktor yang paling berpengaruh ketiga menurut Saya adalah Instagram sebagai media promosi yang sangat bagus bagi para pelaku E-Commerce.
Baca: 10 Cara Menghasilkan Uang di Internet
Dengan fitur promosi yang sudah disediakan Instagram khusus untuk akun bisnis, memudahkan bagi para pelaku E-commerce untuk mendapatkan calon pelanggan yang relevan.

Kesimpulan
Instagram sudah menjadi salah satu media jual beli yang sudah tidak asing bagi para penggunanya. Dengan kata lain, Instagram lambat laun menggabungkan fungsi nya antara media sosial dengan media E-shop.

Hal ini akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Instagram memberikan fitur agar produk E-commerce dilihat oleh lingkungan Instagram, dan pelaku E-commerce mendapatkan calon pembeli dari iklan yang mereka buat melalui aplikasi Instagram.


Semoga 3 pengaruh penting Instagram terhadap pelaku E-Commerce yang sudah saya simpulkan di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin mendalami dunia bisnis.
Latest
Next Post

0 comments: