Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC | Trik Gampang
Bagaimana cara agar koneksi internet di pc atau laptop menjadi cepat? Kebutuhan internet akan semakin bertambah, namun jika koneksi wi-fi lambat, pasti akan mengganggu pekerjaan kita, terlebih jika kita melakukan sebuah pekerjaan, dan harus terhubung ke internet.

Ada banyak cara untuk mempercepat koneksi internet pada pc yang patut kamu coba, agar koneksi internet kamu tidak lemot. Lalu apa saja cara-cara atau trik agar koneksi internet menjadi cepat? Berikut cara mempercepat koneksi internet di pc

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC Dengan Mudah

  • Gunakan Pengaturan Bandwitch
  • Setting Sistem Windows
  • Optimalkan Kinerja pada PC/Laptop
  • Perbaharui Browser Baru (Update)
  • Membatasi Program Lain
  • Upgrade Perangkat Laptop/PC
Di atas adalah 6 cara untuk mempercepat koneksi internet di laptop atau komputer atau pc kamu. Lantas, bagaimana cara melakukannya? Di bawah ini adalah cara agar internet di laptop/pc menjadi cepat.

1. Gunakan Pengaturan Bandwitch

Gunakan Pengaturan Bandwitch 
  • Klik tombol Start di pojok kiri bawahPada kotak pencarian,
    ketik “gpedit.msc” kemudian tekan enter.
  • Kemudian pada menu Computer Configuration,
    klik tanda panah kecil bertuliskan “Administrative Templates, Network”.
  • Lalu pilih QoS Packet Scheduler.Selanjutnya pilih “Limit reserveable bandwidth” dan pilih “Enabled”.
  • Berikutnya pada opsi Options, Bandwidth Limit (%) masukkan angka 0.Klik tombol Apply dan OK.
2. Setting Sistem Windows
Untuk bisa mempercepat sebuah koneksi internet pada laptop atau pc, kamu juga bisa mencoba trik di bawah ini supaya internet kamu nggak lemot lagi.

Biasanya, trik di bawah ini digunakan pada windows 7 & 8. Namun, tidak masalah jika menggunakan trik agar internet cepat pada windows 10 juga masih bisa, kok.

Setting Sistem Windows
  • Klik menu Start yang ada di pojok kiri bawah, kemudian cari “service.msc”, lalu enter.Akan muncul beberapa property, silahkan klik 2 kali untuk menonaktifkannya.
  • Properti tersebut antara lain adalah: Diagnostic Policy Service, Distributed Link Tracking Client, Offline Files, Performance Logs & Alerts, Program Compatibility Assistant Service, Secondary Logon, Windows Error Reporting Service, Windows Image Acquisition (WIA).
  • Semua properti diatas sangat aman untuk dinonaktifkan karena bukan termasuk yang utama, dan sebenarnya jarang digunakan.
3. Optimalkan Kinerja pada PC/Laptop

Agar kecepatan internet di laptop atau pc bermasalah bisa terselesaikan, alangkah baiknya kamu mengoptimalkan kinerja yang masih bisa kamu utak-atik.

Biasanya, internet menjadi lambat disebabkan oleh cache yang menumpuk pada browser yang kamu gunakan.

Langkah supaya internet kembali jadi cepat adalah membersihkan cache pada browser yang menumpuk. Jika masalah tersebut terjadi pada kinerja laptop atau pc, maka bersihkan file-file sampah pada harddisk menggunakan defrag, dan juga cc-cleaner.

4. Perbaharui Browser Baru (Update)
Jika selalu terjadi masalah pada connection failed atau warning dan segala macamnya, saya sarankan untuk meng-update browser yang kamu gunakan. Saran untuk menggunakan browser yang bagus adalah mozila dan chrome.

Browser mozila dan chrome ini bisa support pada windows XP, 7, 8, & 10 dan iOS, tinggal pilih sesuai kebutuhan spesifikasi laptop atau pc kamu.

5. Membatasi Program Lain
Jika kamu sudah menggunakan internet dengan kecepatan 10-20 mbps, tapi masih saja lambat, maka, coba lah untuk menutup aplikasi latar belakang. Kamu bisa cek di Task Manager.

Cobalah untuk menon-aktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting, agar koneksi internet menjadi lebih cepat.

Seperti update yang berjalan, maka kamu harus men-stop update-an tersebut. Biasanya update otomatis ini terjadi pada windows 10.

6. Upgrade Perangkat Laptop/PC
Cara yang terakhir untuk bisa mempercepat kecepatan internet di pc adalah dengan cara meng-upgrade hardware yang kamu miliki saat ini. Lalu, apa saja yang harus di upgrade?

Di bawah ini adalah hardware yang direkomendasikan untuk kamu upgrade, agar kinerja laptop/pc menjadi lebih ringan:
  • HDD di upgrade ke SSD
  • RAM di upgrade dengan kapasitas yang lebih besar(2x lipat dari yang pertama)
  • Gunakan prosesor terbaru
3 point di atas itu hanya saran, jika tidak dilakukan juga nggak apa-apa. Tergantung dari kemauan yang kamu mau agar laptop atau pc menjadi lebih cepat. Baik dari kinerja internet, hingga kecepatan pada proses kerja sebuah pc.

Kesimpulan
Jadi untuk bisa mempercepat koneksi internet pada pc hanya perlu melakukan 6 cara di atas, ya. Permasalahannya bisa dari cache pada browser, hingga masalah pada hardware sebuah pc.

Jangan malas untuk merawat hardware yang kamu miliki, agar kamu bisa mengetahui permasalahan yang semacam ini. Semoga trik untuk bisa mempercepat kecepatan koneksi internet ini dapat bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 comments: