7 Bisnis Untuk Mahasiswa (Pemula) | Berbisnis Tanpa Modal Besar
Bisnis merupakan sebuah kegiatan yang di mana ada proses jual dan beli sebuah produk. Dalam kegiatan berbisnis pasti ada modal, laba/untung, dan rugi. Lalu, Bisnis apa yang cocok untuk mahasiswa pemula? Bisnis apa yang bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan tanpa modal besar? Berbicara mengenai bisnis, pengalaman saya seketika berbisnis adalah ketika saya harus mendapatkan untung sebesar-besarnya, lalu keluarkan modal sekecil-kecilnya.

Namun, perlu kamu ketahui setiap produk yang kita jual, memiliki harga nilai yang berbeda-beda. Baik dari segi pasar, maupun segi finansial dalam sebuah wilayah. Jadi, berbisnis juga tidak asal-asalan, ya teman-teman.

Kabar baik bagi kamu mahasiswa pemula yang juga bisa berbisnis tanpa modal besar,dan bahkan bisnis tanpa modal juga bisa, lho.

Bisnis Untuk Mahasiswa (Pemula) | Berbisnis Tanpa Modal Besar

  • Blogger
  • Youtuber
  • Dropship
  • Reseller
  • Jasa Penulis Artikel
  • Jasa Desain
  • Guru Private/Les
1. Blogger
Menjadi seorang blogger tidaklah sulit, guys. Nyatanya, saat ini Saya sudah menjadi blogger sudah lama. Blogger adalah media platform gratis untuk membuat sebuah website/blog dengan mudah bagi pemula. Berbeda dengan wordpress.
Kalau wordpress merupakan media platform gratis dan berbayar untuk membangun sebuah website profesional maupun membuat sebuah blog.

Yang artinya, kamu bisa menjadi blogger menggunakan media mana saja.

2. Youtuber
Nah, menjadi youtuber ini sudah banyak para youtuber menjadi sukses dengan penghasilan yang mereka dapatkan dari pelbagai sumber. Bisa dari youtube, adsense, dan endorse. Jika mereka jumlahkan, keuntungan yang didapatkan bisa 80% - 1000% dari modal yang mereka keluarkan.

Berbeda dengan selebgram ya teman-teman. Kalau selebgram, kamu harus mempunya followers yang banyak dulu, baru bisa disebut seorang selebgram, hihihi.

Menjadi seorang Blogger dan Youtuber merupakan sebuah passion, guys. Jadi, sistemnya adalah uang yang mengejar mereka, bukan kamu yang mengejar uang. Seperti itu.

3. Dropship
Menjadi seorang dropshipper tidaklah buruk bagi kamu mahasiswa yang mau memulai bisnis tanpa modal besar, lho.

Apa itu bisnis dropship? Bisnis dropship yang saya ketahui adalah ketika kamu tidak memiliki barang, namun kamu ingin membuka toko online. Nah, dropship ini lah cocok teruntuk kamu mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan yang menjanjikan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.
Carilah suplier yang terpercaya ya teman-teman. Kalau saya lebih merekomendasikan kamu bergabung di DropshipAja.com.

4. Reseller
Kalau menjadi reseller, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Bisa mendapatkan penghasilan kisaran 15rb - 30rb. Tergantung jenis dan berapa jumlah produk yang berhasil kamu jual. Biasanya, menjadi reseller tidak mengeluarkan uang sepeserpun.

Tapi, jangan sampai kamu tertipu, ya. Karena, berdasarkan pengalman saya pernah dapet tawaran menjadi reseller seperti itu.

Saya harus membeli barang dari mereka yang menawarkan, kemudian, saya juga harus menjual kembali produk yang telah dibeli, dan menjual dengan harga yang cukup mahal.

5. Jasa Penulis Artikel
Untuk bisa mendapatkan uang dari internet, kamu juga bisa mencoba nih untuk menawarkan jasa nulis artikel. Kalau kamu pandai dalam hal mengetik, kenapa tidak? Coba saja dulu, siapa tahu bisnis ini cocok untukmu.

Saya pernah menggunakan jasa penulis artikel ke temen saya di facebook. Dia menawarkan kisaran harga 8rb - 15rb per artikel.

Tergantung kamu membuat artikel berapa kata dan artikel tersebut sudah layak atau belum.

6. Jasa Desain
Kamu bisa mendesain? Coba deh untuk menawarkan jasa desain kamu di sosial media. Dulu saya juga pernah menawarkan jasa desain. Waktu itu, 1 desain logo saya jual dengan harga 50rb saja. Dikarenakan dulu saya tidak tahu harga logo seberapa besar.

Perlu kamu ketahui, harga logo pertamina saja $350,000. Bagaiamana, tertarik dengan bisnsi jasa desain ini? Semoga bisa berkembang ya.

7. Guru Private/Les
Jika kamu memiliki keterampilan dalam hal mengajar, coba saja dengan menjadi guru private/les ini. Tawarkan jasa kamu dengan cara online maupun offline. Promosikan jasa ngajar kamu di berbagai media online saat ini yang sedang jauh melesat maju.

Kamu bisa memasrkan menggunakan brosur, pamflet atau banner. Kamu juga bisa mempromosikan secara online dengan menggunakan instagram ads & facebook ads. Jika kamu tidak bisa atau kurang ahli dalam pemasaran, kamu bisa konsultasi ke saya ataupun ke yang lainnya.

Penutupan
Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis mahasiswa, khususnya bagi kamu yang pemula, alangkah baiknya untuk mencoba dari awal. Sebab, tidak akan ada orang sukses yang tidak pernah mencoba untuk memulai bisnisnya atau proyeknya.

Mungkin, artikel bisnis untuk mahasiswa pemula ini bisa bermanfaat bagi kamu mahasiswa yang sedang ingin menjadi entre-preneur muda. Semangat! Bagikan ke akun sosial media kamu, ya. Terima kasih :)
Previous Post
Next Post

post written by:

Hanyalah seorang penulis artikel sederhana. Berbagi tanpa batas, dan memberikan manfaat yang luar biasa !.

0 comments: