10 Tips SUKSES Jualan Laris di Tokopedia !

Kholid Farhan - 10 Tips SUKSES Jualan di Tokopedia ! merupakan topik yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Sebelumnya sudah di paparkan mengenai 6 Tips Meningkatkan Penjualan di Toko Online 2018 !. Berbicara mengenai sebuah toko online, pasti kita berfikir bagaimana kita bisa menggunakan aplikasi tersebut berdasarkan fungsi nya. Toko online memiliki beberapa fungsi nya yaitu sebagai media jual dan beli. Dengan adanya sebuah toko online, tentu masyarakat akan lebih mudah berbelanja barang hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi. Baik menggunakan aplikasi Mobile maupun Desktop.

Bagaimana sih cara agar sukses atau laris manis di toko online Tokopedia ? ada banyak pertanyaat dari banyaknya para penjual di Tokopedia. Dengan kata lain, dagangan yang di jual mungkin belum laku atau sudah lama dijual dan belum ada satupun yang membeli.
10 Tips SUKSES Jualan Laris di Tokopedia ! - Kholid Farhan
Mungkin, dengan tips Sukses berdagang di Tokopedia.com ini akan memberikan sebuah inspirasi agar dagangan yang kamu jual di Tokopedia laris manis dengan banyak keuntungan. Tokopedia saat ini tentu berbeda jauh dengan Tokopedia sebelumnya.

Dengan kata lain, Tokopedia mampu berkembang dengan pesat. Hal ini terbukti banyak sekali sebuah acara tv, perusahaan dll yang di promosikan oleh Tokopedia. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan bila berjualan di Tokopedia.
Tokopedia adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia saat ini.
Sukses di tokopedia ini pasti menggunakan sebuah strategi/perencanaan yang cerdas dan konsisten memantau perkembangan penjualan/pedagang. Maka, dengan menggunakan strategi yang cerdas kamu pun bisa mendapatkan omset yang berlimpah.

Sukses Jualan Laris di Tokopedia.com


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu wajib memiliki akun Tokopedia untuk bisa berjualan tentunya. Jika belum punya akun, kamu bisa mendaftarkan secara gratis dan mudah loh di aplikasi marketplace ini pada website www.tokopedia.com. Bila sudah mendaftarkan diri, cobalah untuk mengoptimalkan barang jualan kamu dengan 7 Tips berikut ini:

1. Buatlah Identitas yang Jelas
Dalam dunia berjualan, unsur kepercayaan sangatlah penting. Terlebih khusus jika toko kamu masih baru dan wajib untuk membuat sebuah identitas yang jelas. Jangan memberikan kesan bahwa toko kamu di Tokopedia ini dimiliki oleh seorang anonym atau penjual yang tidak diketahui identitas jelasnya.

Kamu mungkin bisa meng-Upload foto diri yang sebenarnya/asli agar pembeli merasa yakin untuk bertransaksi dengan kamu/penjual. Kecuali, jika reputasi Toko Online kamu sudah terbangun dengan baik. Maka bisa jadi foto identitas bisa saja diabaikan oleh pembeli.

2.  Buatlah Deskripsi Toko yang Jelas, Singkat dan Mudah
Membuat sebuah deskripsi toko tidak perlu menyalin/copywriting, buatlah dengan kalimat yang jelas dan padat (hemat), singkat dan mengandung informasi yang mudah dipahami. Contohnya kamu berjualan jersey bola, maka kamu bisa membuat deskripsi toko : “Distributor Jersey GO Thailand & Kaos Fans Club Bola. Welcome Reseller & Dropshipper.” Bisa juga dengan menambahkan tagline menarik versi Anda sendiri.

3. Gunakan Logo Sebagai Profile Picture Toko Kamu
Gunakanan / buat logo se-Kreatif mungkin atau icon yang bisa mewakili bisnis kamu di Toko Online. Logo dibuat sebisa mungkin dengan original dan jangan terlalu asal-asalan, agar pembeli lebih yakin dengan kualitas produk yang dijual dan juga bisa meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap penjual. Buatlah logo semenarik mungkin dan tampil berbeda daripada yang lainnya.

4. Jasa Pengiriman yang Bervariasi
Meskipun tidak banyak, ada juga loh buyer / pembeli yang suka membanding-bandingkan seller a. B dan C termasuk sampai urusuan ekspedisi ternyata. Jika saja toko kamu bisa melayani pembelian dengan variasi ekspedisi yang beragam, maka ini bisa menjadi nilai lebih untuk toko online kamu.

Ada juga beberapa seller / penjual yang di daerah tertentu hanya bisa via Ekspedisi X, jadi jika toko kamu kebetulan memperbolehkan opsi ekspedisi ini, pasti pembeli akan memilih berbelanja di Toko Kamu.

5. Susun Etalase Secara Rapih
Dengan memanfaatkan fitur etalase, kamu juga bisa menyusun Produk kamu sesuai dengan kategori produk. Dengan adanya fitur etalase ini, maka produk yang kamu jual akan terlihat lebih rapih Calon, pembeli pun bisa memili banyak pilihan / ragam produk yang diinginkannya dalam kategori itu.

Selain itu, dengan etalase yang rapih, maka kamu juga berarti telah mengelompokan produk sejenis agar bisa dilihat lebih banyak lagi. Calon pembeli awalnya hanya ingin beli satu produk, bisa saja malah membeli lebih dari satu produk, bisa saja karena, produk yang ditawarkan sangat menarik dan sesuai dengan kebutuhan pembeli / buyer.

6. Berikanlah Informasi Produk yang Jelas / Detail
Buyer / pembeli selalu lebih suka dengan produk yang deskripsinya jelas dan menjawab banyak rasa ingin tahu mereka. Kebanyakan, para pembeli merasa malas bila harus menghubungi seller via chat / inbox.
Padahal belum tentu juga seller bisa langsung membalas pesan / chat  si Pembeli. Jadi, sebelum meng-Upload foto produk kamu, pastikan terlebih dahulu informasi yang mereka butuhkan sudah kamu jelaskan di kolom deskripsi produknya ya seller.

7. Beranikan Kasih Harga Lebih Murah !
Jual online tidak perlu takut untuk rugi, Margin yang kamu potong untuk memberi harga diskon juga tidak harus banyak. Misalkan rata-rata harga jersey dijual dengan harga 85.000, maka kamu bisa menjual dengan harga 83.000. dengan cara ini, barang yang akan kamu jual akan cepat laku, dikarenakan harga yang kamu tawarkan lebih mudah dan barang nya tidak jauh berbeda dengan produk lain tersebut.

8. Update Toko
Seller dikatakan laku atau laris manis, pasti seller tersebut selalu Update Toko online nya agar para pembeli yang berkunjung ke Toko tersebut akan berfikir bahwa toko ini masih aktif dan banyak produk terpercaya dan juga memiliki banyak feedback / ulasan.

Pasti para calon buyer akan berfikir, toko ini masih aktif atau tidak ya ? produk nya masih ada tidak ya ? berbeda jika buyer melihat notice / pemberitahuan yang mengatakan seller aktif 1 jam yang lalu. CS / costumer / konsumen akan lebih yakin untuk membeli produk dari kamu.

9. Fast Response
Kebanyakan, pembeli akan lebih tertarik kepada seller yang Fast Response atau cepat tanggap dala melayani buyer. Dengan cara ini maka, buyer akan lebih berminat dan lebih percaya bila toko kamu aktif dan cepat dalam melayani pelanggan.

10. Install Aplikasi Tokopedia di Smartphone atau Gadget Kamu
Bila kamu ingin mengandalkan sebuah marketplace sebagai salah satu amunisi berjualan kamu, maka kamu wajib mempunyai aplikasi mereka di smartphone / gadget kamu. Dengan aplikasi yang sudah terinstall akan lebih mudah bagi kamu untuk bisa fast response dalam melayani pembeli dimanapun kamu berada.

Mungkin cukup sekian, semoga artikel 10 Tips SUKSES Jualan Laris di Tokopedia ! ini dapat membantuk kamu menyelesaikan masalah kamu. Baca artikel menarik lainnya diwebsite ini dan jangan lupa untuk membagikan, agar bermanfaat bagi yang lainnya juga ya.

Hanya sekedar menulis, dan berbagi apa yang Saya sukai. Asalkan bukan membagi perasaan.

2 comments

wih bisa di jadikan sebuah inspirasi nih. trimakasih mas


EmoticonEmoticon