10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan

Kholid Farhan - Berbicara tentang bagaimana menjadi seorang blogger yang profesional hingga bisa mendapatkan uang atau penghasilan dari sebuah blog. Sebenarnya, menjadi seorang blogger adalah hobi. Dimana, hobi tersebut adalah hobi menulis sebuah artikel yang jujur. Menjadi seorang blogger profesional harus diraih oleh banyak blogger saat ini. Kemudian, bagaimana seorang blogger profesional bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari blog yang ia kelola ? dan pada kesempatan kali ini, Saya memutuskan untuk membuat sebuah artikel yang bertema menjadi seorang blogger profesional sampai berpenghasilan.
10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan
Pada artikel ini, kamu akan disuguhkan beberapa tips yang semoga membuat kamu terinspirasi menjadi seorang blogger profesional.

Sebelumnya, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu Blogger ?
Blogger adalah layanan penerbitan blog yang memungkinkan blog multi-pengguna dengan entri stempel waktu. Ini dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. (Sumber : Wikipedia).
Menjadi seorang blogger, tentu kita harus membuat sebuah karya tulisan dengan jujur. Maksud dari tulisan jujur adalah seorang blogger merupakan penulis yang akan mempertanggung jawabkan sebuah artikel yang ia tulis. Jadi, Blogger profesional adalah penulis yang membuat karya tulisan dengan tulisan apa adanya tanpa menggunakan kalimat hoax yang  bisa membuat perpecahan atau keributan yang seharusnya tidak terjadi didunia maya.

Lalu, bagaimana menjadi seorang blogger profesional sampai menghasilkan uang ?..

Simak dengan baik-baik tips yang akan dipaparkan dibawah ini, Bertanya bila belum paham.

10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan:


1. Pengenalan Terhadap Komputer.
Sebelum masuk kedunia Blogger, Alangkah baiknya kamu sudah memiliki pengalaman yang baik terhadap komputer.
10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan
Kenapa ? Karena berpengetahuan ilmu komputer itu sangat penting bagi seorang blogger atau yang lainnya di jaman modern saat ini. Apalagi, Blogger itu luas dan komputer/gadget pun saling berdampingan.

2. Pengenalan Terhadap Dunia Internet.
Setidaknya, Kamu memiliki pengalaman didunia internet. Meskipun belum terlalu berpengalaman, Menjadi seorang blogger adalah solusi untuk menjadi orang yang paham internet.
10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan
Bahwasannya, seorang blogger itu akan memiliki pengetahuan tentang dunia internet. Kenapa ? Karena blogger akan mencari sebuah karya cipta yang dapat ia lakukan.

Melalui dunia internet ini, Blogger adalah sebagai wadah untuk membuat dan memberikan sebuah karya tulis yang bermanfaat untuk orang banyak yang berkunjung kedunia internet.

3. Memiliki Akun Blogger.
Setelah kamu mengenal komputer dan internet, kemudian kamu akan lanjut di pengenalan selanjutnya yaitu membuat akun Blogger. Menjadi seorang blogger tentu harus memiliki akun. Bila tidak ada akun, bagaimana untuk bisa menulis sebuah karya dan dibagikan kepada publik didunia internet. Memiliki akun blogger berarti kamu harus membuat sebuah akun G-mail.
10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan
Jangan lupa untuk menambahkan foto profil kamu ya. Supaya, orang lain bisa merasa nyaman ketika melihat akun gmail dan Blogger kamu.

Blogger dan G-mail (Google Mail) adalah anak buah dari Google. Kamu tidak perlu risau untuk bisa menjadi seorang blogger profesional dan tidak ditargetkan sampai kapan kamu akan menjadi blogger profesional. Semua, tergantung dari niat kamu. Selain daripada itu pula, banyak komunitas dan grup yang memberikan ilmu tentang blogger yang akan mudah kamu pelajari. Bila tidak mengerti pun masih ada forum tanya jawab antar blogger.

4. Memulai Menjadi Penulis.
10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan
Sebelum kamu memulai menjadi penulis Blogger. Alangkah baiknya kamu mengatahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuah blog.
Menjadi seorang penulis, Tentu kita akan membaca panduan bagaimana membuat tulisan dengan baik dan benar. Pada dasarnya, Seharusnya adalah penulis pasti menyukai membaca.
meskipun tulisan kamu masih tidak sebagus tulisan blogger profesional, tidak salah untuk mencoba bukan ? jangan mudah menyerah dalam blogger ini. Masih ada banyak rintangan untuk bisa menjadi seorang blogger profesional.

5. Nama Domain.
Nah, Sampai ketahap lima ini. Untuk menjadi seorang blogger profesional, Domain sangat berarti loh. Kenapa ? Karena domain adalah kunci orang mudah mengingat suatu nama website/blog yang akan ia kunjungi. 10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan
Jangan memperhitungkan satu atau dua orang saja yang akan berkunjung ke blog kita, Tapi perhitungkan pengguna internet saat ini. Yang diantarnya adalah pengguna internet yang mencari informasi melalui jaringan internet dan mesin pencari seperti Google. 

Apa itu Nama Domain ?
Nama domain adalah string identifikasi yang mendefinisikan ranah otonomi, kewenangan, atau kontrol administratif di Internet. Nama domain dibentuk oleh aturan dan prosedur Sistem Nama Domain.
6. Memilihi Tema Blog.
10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan
Tema Blog, adalah salah satu kunci utama menjadi seorang blogger profesional. Kenapa ? karena pada bagian tema blog ini sangat penting untuk kenyamanan para pengunjung blog nantinya.

Lalu ?

Pilihlah tema, yang sesuai dengan jenis topik yang akan kamu buat. Misalkan, kamu hendak membuat sebuah blog dengan topik Bola, maka kamu carilah tema blog untuk topik majalah bola dan seterusnya.

7. Menggunakan Bahasa yang Sesuai.
Maksud dari langkah ini adalah kamu harus menggunakan bahasa yang baik dan benar berdasarkan blog yang hendak kamu buat. Semisal, kamu hendak membuat blog berbahasa indonesia. Gunakan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan kalimat ejaannya / EYD-nya. Kenapa ? Karena si pembaca pun pasti ingin artikel tersebut dapat mudah dimengerti.

8. Membahas 1 Topik atau Lebih.
Pada langkah selanjutnya adalah membahas satu topik atau lebih disebuah blog yang akan kamu buat. Membuat blog jangan sampai ngasal, kecuali hanya untuk bahan percobaan saja. Pikirkan baik-baik jenis topik apa saja yang akan kamu bahas.

Saya, sebagai blogger merekomendasikan membuat blog yang membahas satu topik saja. Ada banyak blogger yang membahas beragam topik. Mulai dari, Blogger Pribadi, Blogger Tutorial Desain, Blogger Kuliner, Blogger Fashion, Blogger Travaller dan masih banyak lagi jenis nya.

9. Saling Berbagi Pengetahuan.
10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan
Setelah poin 1-8 sudah dibahas, kemudia pada poin ini pun sangat penting untuk kamu yang hendak menjadi seorang blogger profesional. Ya, berbagi pengetahuan. Saling berbagi pengetahuanlah tentang apa yang kamu dapat kepada orang lain meski ia tidak memiliki basic/dasar pengetahuan.

Hal ini tentu sangat penting, untuk kamu maupun untuk orang lain. Berbagi pengetahuanlah agar ilmu yang kamu dapat menjadi berkah untuk dirimu dan yang lainnya.

10. Pengenalan Terhadap Google Adsense.
10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan 
Nah, sampai pada tahap akhir ini, sudah banyak blogger ataupun penulis lainnya berpenghasilan melalui Google Adsense ini loh.

Apa itu Google Adsense ?
Google AdSense adalah program yang dijalankan oleh Google yang memungkinkan penayang di situs konten Google Network untuk menyajikan iklan teks, gambar, video, atau media interaktif, yang ditargetkan ke konten situs dan pemirsa.
(Wikipedia).
Google Adsense merupakan salah satu tempat dimana Publisher Adsense mencari pundi rupiah yang dihasilkan dari blognya. Kebanyakan, Blogger mimilih menjadi publisher adsense daripada menjadi publisher lainnya. Tapi, itu semua tergantung perhitungan masing-masing.

Mungkin cukup sekian artikel ini mengenai 10 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Sampai Berpenghasilan. Semoga dapat menginspirasi kamu menjadi seorang blogger profesional. Tidak hanya menjadi profesional tetapi juga menjadi blogger yang memiliki prilaku baik dan terpelajar.

Hanya sekedar menulis, dan berbagi apa yang Saya sukai. Asalkan bukan membagi perasaan.